Home » Karawang » Waspada, Anggur Impor Berformalin Ditemukan di Karawang

Waspada, Anggur Impor Berformalin Ditemukan di Karawang

Anggur Impor

Anggur Impor Berformalin Ditemukan di Karawang (ilustrasi)

Tim Pengawasan Pangan Terpadu (TPPT) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menemukan buah anggur impor yang mengandung formalin. Diduga anggur tersebut sudah beredar di sejumlah titik di Karawang.

Hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh TPPT menunjukkan bahwa buah anggur yang diambil petugas dari sejumlah penjual tersebut memiliki kadar formalin melebihi batas.

Saat dilakukan uji laboratorium, ekstrak anggur tersebut berubah menjadi ungu yang diperkirakan kadar formalinnya melebihi 1,5 ppm. Warna ungu itu sendiri indikator dalam tabel warna formalin.

“Kandungan formalin pada anggur tersebut sangat tinggi. Sebab, warna ungu itu menunjukan kandungan formalin yang melebihi angka indikator dalam tabel warna formalin,” kata Kadarisman, Sekretaris TPPT Karawang.




Kadarisman menduga, anggur itu langsung dicelupkan atau direndam dalam larutan formalin agar tidak cepat layu atau busuk. “Menurut pedagangnya, anggur itu berasal dari Australia,” ucapnya.

Selain anggur berformalin, lanjut Kadarisman, sejumlah zat kimia berbahaya juga ditemukan pada sejumlah makanan pasar lainnya. “Dari 24 sampel makanan yang kami periksa kandungannya, ada sembilan makanan yang diketahui mengandung boraks dan formalin,” ujarnya.

Disebutkan, selain anggur berformalin, makanan yang mengandung formalin lainnya adalah ayam potong, anggur impor, kolang-kaling, dan bakso. Sementara makanan yang mengandung boraks, adalah pacar cina hitam dan pink, cincau hijau, hitam, dan merah.

“Sejumlah pedagang yang menjual makanan itu sudah mendatangi berita acara perjanjian. Jika menjual lagi akan dijatuhi sanksi dan barang dagangannya disita untuk dimusnahkan,” papar Kadarisman.

TPPT berjanji akan menelusuri dari mana bahan makanan dan anggur berformalin tersebut diperoleh.

“Produsen yang membuat makanan olahan itu harus ditindak,” ujar Kadarisman.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates