Home » Karawang » UMK Karawang Tinggi, 9 Perusahaan Bakal Pindah ke Garut

UMK Karawang Tinggi, 9 Perusahaan Bakal Pindah ke Garut

industri karawang

Kawasan industri di Karawang (ilustrasi)

Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang yang tinggi, bahkan tertinggi nasional, telah membuat beberapa perusahaan memilih untuk memindahkan kegiatan produksinya ke kabupaten lain. Salah satu wilayah yang menjadi tujuan pemindahan adalah kabupaten Garut.

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, memastikan sebanyak 9 perusahaan dari Kabupaten Karawang bakal hengkang dan berproduksi di wilayahnya.

“Ada sekitar 9 perusahaan yang bakal pindah dari Karawang ke Garut. Saat ini tengah mengurus perizinan, tetapi yang sudah mulai melakukan pembebasan lahan ada 3 perusahaan dan yang paling besar itu PT Changsin sekitar 150 hektare,” ungkap Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat berada di Karawang, Selasa (16/5).

Rudy mengaku dari 3 perusahaan yang hengkang dari Karawang tersebut, Kabupaten Garut telah mempunyai tenaga kerja sekitar 22 ribu orang.

“Yang mana target kita tahun ini 100 ribu tenaga kerja,” tuturnya sesuai dilansir Media Indonesia.

Pihaknya mengaku saat ini telah memiliki 4 kecamatan yang menjadi zona industri yakni Kecamatan Leles, Sela Awi, Limbangan, dan Cibatu.

“Semuanya sudah diteliti oleh Badan Geologi,” ucapnya.

Menyamai daya saing untuk menarik investor, Rudy menerangkan pihaknya pun memberikan kemudahan melalui perizinan dan pembebasan lahan di zona industri.

“Selain itu, kita juga menawarkan tenaga kerja yang sudah terampil dengan adanya BLK (Balai Latihan Kerja) yang siap bekerja sama dengan perusahaan untuk keperluannya. Hanya saja kita akan menolak perusahaan yang memiliki limbah cair tekstil, untuk menjaga lingkungan Garut,” katanya.

Bupati mengaku banyaknya perusahaan yang hengkang ke Kabupaten Garut akibat upah minimum kabupaten (UMK) yang lebih kecil yaitu sebesar Rp. 1,6 juta, bandingkan dengan UMK Karawang yang sebesar Rp. 3,6 juta.

Selain itu harga tanah di Garut juga masih sangat murah di kisaran Rp. 500 ribu per meter persegi.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates