Home » Karawang » Keren, Karawang Punya Kampung Bebas Asap Rokok

Keren, Karawang Punya Kampung Bebas Asap Rokok

kampung bebas rokok

Ada suasana berbeda ketika berkunjung ke Kampung Pasir Resik, Desa Parakan, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang. Seluruh warga di kampung ini sepakat untuk tidak merokok.

Alhasil, kampung ini dikenal dengan sebutan Kampung Satria, singkatan dari Kampung Sehat Aman Tanpa Rokok Indah dan Asri.

Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Tirta Mulya, Hadi Nugraha menjelaskan, pencanangan kampung kawasan bebas asap rokok ini merupakan inisiatif Kepala Desa Parakan bersama dengan Camat Tirta Mulya dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan instansi lainnya.

Kampung bebas asap rokok ini, kata Hadi, atas dasar rasa keprihatinan dengan banyaknya anak-anak usia SD hingga remaja yang merokok. Pemahaman tentang bahaya merokok minim mereka dapatkan mengingat kebiasaan tersebut dilakukan orangtua pada umumnya.

“Kampung Satria ini adalah kampung tanpa rokok yang baru pertama kali ada di Kabupaten Karawang,” ujar Hadi, Jumat (12/5).

Hadi menjelaskan, Pemerintah Desa Parakan dan UPTD Kesehatan juga bercita – cita agar kampung ini dapat menjadi sebuah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karawang.

Selain bebas asap rokok, di Kampung Satria ini kata dia, terdapat banyak produk khas asli buatan warga masyarakat setempat, seperti ada pengrajin keset, pengrajin gantungan kunci, dan peternakan bebek yang bisa menjadikan telor asin sebagai bahan oleh-oleh bagi para pengunjung nantinya.

Untuk itu, dia berharap mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, agar bisa dijadikan sebagai taman agrowisata. (Sumber)

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates