Home » Karawang » 16 Nyawa Melayang Karena Jalan Rusak di Karawang

16 Nyawa Melayang Karena Jalan Rusak di Karawang

jalan rusak di karawang

Jalan rusak di Karawang

Jalan rusak di wilayah Kabupaten Karawang telah menelan korban jiwa 16 orang dalam tiga bulan terakhir ini. Angka tersebut dikhawatirkan bakal terus bertambah jika Pemkab Karawang tidak segera memperbaiki jalan tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Unit Kecelakaan Lalu-lintas Kepolisian Reskor Karawang, Sabar Santoso, Jumat, 31 Maret 2017. “Berdasarkan data yang kami miliki, selain menelan korban jiwa, kecelakaan lalu-lintas akibat jalan rusak telah mimbulkan korban luka berat 41 orang dan korban luka ringan 137 orang,” ujar Sabar Santoso.

Meski begitu, lanjut Sabar Santoso, di bandingkan tahun 2016, angka kecelakaan lalu-lintas mengalami penurunan. Menurutnya, sepanjang Januari lalu, kasus kecelakaan lalu-lintas telah menelan 3 korban meninggal dunia, luka berat 43 orang, dan luka ringan 35 orang. Kerugian materil ditaksir mencapai Rp 69,6 juta.

Sementara pada Febuari 2017, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu-lintas meningkat menjadi 10 orang, luka berat 11 orang, dan luka ringan 33 orang. Kerugiannya yang ditimbulkannya mencapai Rp 56 juta.

Data terkahir yakni Maret 2017, korban tewas 3 orang, luka berat 10 orang dan luka ringan 25 orang. Kerugiannya menembus angka Rp 32 juta.

Disebutkan juga, penyebab kecelakaan didominasi oleh keselahan pengendara sendiri. Pada umumnya pengendara tidak konsentrasi ketika melintasi jalan yang rusak.

Namun demikian, Sabar Satoso tidak menampik jika kondisi jalan yang hancur dan berlubang ikut menjadi menjadi penyebab kecelakaan tersebut. “Kurangnya konsentrasi saat mengendarai kendaraan yang menjadi penyebab paling dominan kecelakaan di wilayah Karawang. Hal ini harus menjadi pelajaran bagi masyarakat saat berkendaraan,” katanya.

Sabar Santos menyebutkan, tertib dalam berlalu-lintas dan memenuhi standar kemanan, bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan. “Meskipun kondisi jalan rusak, jika safety riding dilakukan, setidaknya bisa menghindari kecelakaan,” katanya.

Sabar mengingatkan, yang patur diperhatikan juga pengendara jangan ugal-ugalan di jalan. Mereka harus menghargai pengguna jalan lainnya, sehingga kecelakaan lalu-lintas bisa dihindari.

Sumber: Pikiran Rakyat

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates