Home » Karawang » Pemda Anggarkan 630 Miliar Rupiah Untuk Perbaiki Jalan Rusak Di Karawang

Pemda Anggarkan 630 Miliar Rupiah Untuk Perbaiki Jalan Rusak Di Karawang

jalan rusak di karawang

Jalan rusak di Karawang

Genangan air akibat hujan deras yang mengguyur akhir-akhir ini menyebabkan jalan rusak dan berlubang. Berdasarkan data Polres Karawang, setidaknya terdapat 41 titik di kawasan Karawang yang mengalami kerusakan. Pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk perbaikan jalan tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) terkait jalan rusak ini, karena beberapa di antaranya adalah jalan nasional dan provinsi yang sering dilintasi kendaraan berat,” jelas Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra seperti dilansir oleh Detik.

Salah satu jalan yang rusak parah yakni di interchange Karawang Timur. Lokasi itu termasuk strategis karena dekat dengan pintu Tol Cikampek.

“Untuk sementara sudah dilakukan pengaspalan sementara untuk menambal jalan yang rusak itu,” imbuh Andi.

Secara terpisah Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengakui bahwa kerusakan jalan di Karawang telah menjadi masalah yang paling dikeluhkan oleh masyarakat. Dia menyatakan kerusakan itu salahsatunya karena drainase ditutup untuk tempat usaha.

Berdasarkan catatan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kabupaten Karawang, ada sekitar 500 Kilometer jalan kabupaten yang rusak, 400 kilometer jalan desa yang belum diperbaiki.

Cellica mengaku sudah menyelidiki penyebab kerusakan jalan di Karawang. Ia mengatakan jalanan rusak disebabkan tertutupnya drainase dan pembangunan jalan tanpa disertai gorong – gorong.

“Kerusakan jalan yang terjadi saat ini disebabkan beberapa faktor. Di antaranya akibat kualitas pekerjaan yang buruk, dan ulah oknum yang menutup drainase untuk dijadikan tempat usaha. Hal itu menyebabkan air tumpah ke jalan dan aspal terkelupas,” ujar Cellica saat membuka musrembang RKPD tahun 2018 di Karawang, Selasa (14/3/2017).

Karena itu, kata dia, ia akan segera menertibkan bangunan yang berada di atas saluran air. “Yang menjadi prioritas saat ini adalah membenahi jalan rusak di daerah pusat perekonomian,” kata dia.

Selain saluran air yang buruk, Cellica juga menganggap kerusakan jalan juga disebabkan kualitas pekerjaan yang buruk. “Saya sudah instruksikan Kepala Dinas PUPR untuk mengevaluasi hasil pekerjaan para kontraktor. Jika pekerjaannya buruk, kontraktor itu jangan diberi proyek lagi,” katanya.

Untuk perbaikan jalan yang rusak itu, kata dia, tahun ini sudah dianggarkan dana Rp. 630 miliar.

Berikut beberapa titik jalan yang rusak di Karawang:

1. Jalan Baru di atas flyover Lamaran
2. Jalan Baru dekat lampu merah Pendeuy
3. Jalan Baru depan Perum Griya Mas Lestari
4. Jalan Baru depan Perum Sumarecon
5. Perempatan Kopel, Klari
6. Lampu merah Karawang Timur
7. Jalan Karawang Timur depan Alfamart menuju tol
8. Di depan Yamaha Dealer, Karawang Timur
9. Flyover Anggadita
10. Kampung Cilalung depan PT Kayapit
11. Kampung Warung Kebon Desa Purwasari
12. Depan Al Aliyah, Babakan Maja
13. Depan Perum Cikampek Baru, Kaliasin
14. Depan pool Warga Baru, Kaliasin
15. Jembatan Kaliasin arah Jakarta
16. Arah Cikampek-Jakarta, Perum Cikampek Baru
17. Depan pool Sahabat
18. Pertigaan Jomin menuju Pos Mutiara
19. Jembatan Gambreng arah Jakarta
20. Jembatan Pasar Jatisari
21. Jembatan Balong Gandu

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates