Home » Karawang » Bupati Karawang Menolak Ijin Tambang PT Mas Putih Belitung

Bupati Karawang Menolak Ijin Tambang PT Mas Putih Belitung

bupati karawang cellica nurrachadiana

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana angkat bicara menanggapi maraknya aksi penolakan terhadap penambangan di kawasan Karawang Selatan.

Cellica Nurrachadiana secara tegas menolak memberikan ijin penambangan yang akan dilakukan oleh PT Mas Putih Belitung.

“Saya tidak pernah main-main soal pelestarian lingkungan. Terutama mengenai permasalahan pertambangan di Karawang Selatan, sejak awal posisi saya jelas, tegas menolak,” tulis Cellica di akun facebook pribadinya, Jumat (9/12/2016).

Pemerintah daerah sendiri, kata Cellica, berencana menjadikan wilayah Karawang Selatan sebagai kawasan wisata. Bukan pertambangan.

Terkait aktivitas pertambangan yang terjadi di Karawang Selatan, Cellica mengaku sudah mengirimkan surat kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar izin apapun soal pertambangan dikaji ulang.

“Sekali lagi, saya berkomitmen bahwa lingkungan yg baik adalah aset yg sangat berharga bagi masa depan anak cucu kita kelak. Jangan dirusak !,” tegas Cellica.

Cellica juga mengaku tetap komitmen menolak pertambangan meski dia telah dilaporkan salah satu perusahaan tambang ke Ombudsman.

“Kemarin Asda 1 sudah menjelaskan ke Ombudsman mengapa kami tidak mengeluarkan izin pertambangan di Karawang Selatan,” ungkapnya.

Selain itu, Cellica juga memperingatkan kepada seluruh jajarannya agar tidak ikut bermain mata perihal kasus pertambangan yang sedang menjadi sorotan publik Karawang tersebut.

“Jangan sampai ada dinas yang bermain mata dengan pihak-pihak tersebut. Kalau ada bawahan saya main-main soal ini, saya copot jabatannya,” tandas Cellica seperti dilansir oleh Rmol Jabar.

aksi bela alam 912 karawang

Statemen Bupati Karawang mendapat tanggapan positif dari Koalisi Masyarakat Melawan Tambang.

“Dengan statemenya Bupati menolak kita akan kawal. Dan kita butuh di atas kertas dengan kop surat pemerintah Karawang jagan hanya Facebook saja,” ujar Iwan Soemantri Amintapraja salah seorang Penanggung Jawab Koalisi.

Iwan mengatakan, bencana alam pasti mengancam Karawang jika pemerintah Kabupaten Karawang menerima PT Mas Putih Belitung untuk melakukan kegiatan penambangan di Karawang Selatan.

“Kalau mengizinkan berarti pemda mengundang bencana alam. Karena saat ini resapan air sudah tidak ada lagi, struktur alam akan hancur,” ujarnya.

Wakil Bupati Kabupaten Karawang, Ahmad Zamakhsari dihadapan masyarakat Koalisi Masyarakat Melawan Tambang menegaskan akan mengawal kebijakan Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurrachadiana yang dengan tegas menolak rencana kegiatan pertambangan tersebut.

“Bupati dengan jelas dan tegas menolak dan menolak,” ujar Ahmad.

Dikatakannya, jika diperlukan dirinya siap mendampingi warga Karawang menghadap Gubernur Jawa Barat dan Kementerian ESDM untuk menyampaikan penolakan kegiatan penambangan di Karawang. Dirinya pun menegaskan bersama warga akan ikut menandatangani surat penolakan penambangan di Karawang.

“Penolakan tidak sampai disini tapi sampai ke Jawa Barat kalau perlu ke Menteri ESDM. Upayanya harus tertulis dan saya siap membubuhi tanda tangan. Pemerintah sebenarnya tidak ada wewenang untuk menolak tapi jadi bisa karena ada respon dari masyarakat,” katanya.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates